Minggu, 11 September 2011

Masuk Angin



Hari ini bangun tidur badan terasa ga nyaman. Pertanda masuk angin lagi keingat seharian kipas angin ga mati-mati. Kenapa ya kok bisa gampang bener masuk angin. Tentunya hampir semua orang pernah mengalaminya. Menurut artikel yang ada menuliskan bawa dalam dunia  kedokteran, istilah masuk angin adalah bagian dari gejala flu, khususnya yang sering terjadi pada pergantian musim (pancaroba). 
 Orang yang masuk angin biasanya muncul gejala seperti pusing, meriang, pegal-pegal, perut kembung, batuk-pilek dan demam.  

Untuk mencegah terjadinya masuk angin, biasakan makan secara teratur. Konsumsi vitamin. Bisa vitamin alami dari makanan maupun suplemen makanan. Bisa juga obat atau jamu pencegah masuk angin. Tujuannya supaya daya tahan tubuh menjadi baik. Kemudian pakailah pakaian tebal atau jaket jika sedang mengendarai sepeda motor atau berada di daerah dengan angin kencang dan dingin. Jika sudah terlanjur terkena masuk angin, hindari minum minuman dingin. Konsumsilah wedang jahe atau minuman hangat lain. Jika mau minum jamu atau obat masuk angin, perhatikan dosisnya. Jangan sampai berlebihan karena berbahaya. Olesi bagian perut dan pinggang dengan minyak kayu putih. Kerokan juga bisa menjadi alternatif. Tapi hati-hati. Tekanan yang terlalu kencang bisa menyebabkan kulit iritasi.



Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk obat masuk angin. Seperti :
1. Istirahat yang cukup.
Istirahat yang cukup dapat memulihkan stamina tubuh kita agar tetap dalam kondisi prima. Karena saat kita istirahat makanan dalam tubuh kita dicerna lebih cepat dan menghasilkan energi bagi tubuh kita.

2. Keluar keringat.
Seperti aktivitas olah raga bisa meningkatkan hormon-hormon dalam otak kita seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorfin, dimana hormon-hormon tersebut berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

3. Minum jahe hangat.
Jahe dapat berfungsi melebarkan pembuluh darah dan membakar lebih cepat kalori menjadi panas tubuh dengan cara mirip dengan bawang putih, cabai, lada, kayu manis, mustard dan kari.

4. Minum teh hangat.
Karena teh dapat menghilangkan rasa lelah, mendorong metabolisme serta memiliki fungsi memelihara kemampuan reguler jantung, pembuluh darah, usus lambung dan fungsi lainnya.
5. Kompres air hangat
Siapkan air panas kemudian masukkan ke botol air mineral yang besar. Tambahkan air dingin supaya tidak terlalu panas. Tutup rapat. Merebahlah terlentang. Kemudian guling-gulingkan botol berisi air panas tersebut di sekitar perut.

0 komentar:

Posting Komentar